Penandatanganan MoU PNM
Proses Penandatanganan Kepala Sekolah dengan Pimpinan PNM disaksikan oleh Kepala UPT Dikbud
MoU Depnakertrans Lombok Timur
Proses Penandatanganan MoU antara BKK SMKN 1 Sikurdengan Pimpinan Depnakertrans Lombok Timur
Registrasi Produk Makanan
Proses Registrasi Produk SMKN 1 Sikur ke BPOM Mataram
Previous
Next

WORKSHOP PENGUATAN KARAKTER BERBASIS MINDSET CHANGE PADA SMK PUSAT KEUNGGULAN (PK) SMK NEGERI 1 SIKUR

SMK NEGERI 1 SIKUR dengan Kepala Sekolah Bapak HASBI AHMAD, S.Pd.,M.Pd
Sebagai SMK Pusat Keunggulan Skema Lanjutan Tahun 2022, SMK Negeri 1 Sikur menyelenggarakan Workshop Penguatan Karakter Berbasis Mindset Change pada Rabu, 28 September 2022,.

Kegiatan Workshop ini diikuti oleh 30 Bapak Ibu Guru SMK Negeri 1 Sikur dengan narasumber IBU Dr. YUNI RAHMAWATI, DARI UNIVERSITAS PENDAMPING SMK PUSAT KEUNGGULAN (PK) UNIVERSITAS NEGERI MALANG.

Dalam paparannya, Dr. YUNI RAHMAWATI menyampaikan tentang “Pentingnya Mengubah Mindset dan Membangun Mindset untuk Kontribusi yang Tepat”. Beliau memaparkan bahwa perubahan mindset sangat dibutuhkan untuk kebermanfaatan dunia. “Mulailah bermimpi besar dan berdo’a besar. Agar putra putri kita tidak hanya bisa mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang besar. Tetapi mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan bermanfaat bagi banyak orang”,
Materi yang disampaikan sangat tepat, guna  mengingatkan  kembali bagaimana hakikat guru diera teknologi yang super canggih dan penuh tantangan.  Materi penguatan  karakter berbasis chaange mindset/growh mindset dipaparkan dengan rinci dan jelas. Dipenghujung  penyampain materi Beliau  juga mengatakan bahwa “Bapak/Ibu guru vokasi tugasnya adalah mengolah  bahan baku menjadi menu  yang sedap/enak sehingga hasil olahannya bisa dinikmati oleh masyarakat dan dunia industri” tutur Beliau.   Maksudnya tugas seorang guru menjadikan peserta didik yang bermanfaat di masyarakat dan dibutuhkan oleh dunia industri. Bahan baku yang diolah adalah peserta didik dari berbagai macam latar belakang dan  potensi yang beragam. Setelah penyampaian materi selesai dilanjutkan ke sesi tanya jawab dan  diskusi. 
Cara mengolahnya dengan menanamkan Mindset Change/Growth Mindset ke peserta didik yaitu merubah pola pikir atau menumbuhkan pola pikir sesuai profil pelajar pancasila, yang telah diprakarsai oleh bapak Kihajar Dewantara dengan filosofinya yaitu olah pikir, olah hati, olah raga, olah  rasa dan karsa. Sehingga tercipta individu yang berkarakter.
Growth mindset adalah pola pikir positif yang berkeyakinan bahwa segalanya dapat dilakukan dengan latihan, ketekunan dan motivasi yang tinggi.. Fixed mindset merupakan lawan dari growth mindset. Mernurut Carol Dweck pola pikir terbagi menjadi dua jenis yaitu Growth mindset (pola pikir yang berkembang) dan Fixed Mindset (pola pikir yang tetap).
FIXED MINDSET
Kecerdasan bawaan lahir
Menghindari tantangan
Kegagalan sebagai akhir segalanya
Kesuksesan orang lain sebagai inspirasi
Usaha (effort) tidak ada gunanya
GROWTH MINDSE
Kecerdasan bisa dikembangkan
Menerima tantangan
Belajar dari kegagalan
Kesuksesan orang lain sebagai ancaman
Meyakini kesuksesan karena usaha (effort) yang sungguh-sungguh
Kita sebagai guru harus mampu merubah dan mengembangkan pola pikir peserta didik kita ke growth mindset. Agar terwujud output profil pelajar pancasilayaitu generasi yang mampu memajukan NKRI. Selain itu guru harus mengikuti perkembangan zaman dengan melek teknologi, karena peserta didik yang saat ini duduk di bagku SMA/SMK disebut generasi Z yang dikenal sebagai generasi digital (digital natives). Mereka lahir diera teknologi yang canggih dan pesat yang mana banyak aktivitas sehari-hari dilakukan melalui digital, termasuk kegiatan pembelajaran.

bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending Posts

Edit Template

Testimoni

Alamat:

Jl. Mataram-Sikur Km 41, Montong Boro Desa Sikur Barat, Kecamatan Sikur, Kab. Lombok Timur-NTB 83661

Supported by

Jl. Mataram-Sikur Km 41, Montong Boro Desa Sikur Barat, Kecamatan Sikur, Kab. Lombok Timur-NTB 83661

© 2022 Customized by Team Media Smkn 1 Sikur

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Apa yang bisa kami bantu?